28 November 2023

(27/10/2022) telah dilaksanakan program pembuatan pakan ternak sistem fermentasi, yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Poko sebagai rangkaian kegiatan sosialisasi untuk para peternak.

Program pelatihan pembuatan pakan ternak sistem fermentasi telah dilaksanakan pada (27/11/2022) di Desa Poko Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Poko, dan dikemas dalam bentuk program masyarakat yang bersumber dari Dana Desa.

Peserta Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Rumansia Desa Poko

Kegiatan ini juga sebagai bentuk upaya untuk membekali para peternak agar bisa membuat pakan fermentasi sendiri. Yang bersumber dari bahan-bahan olahan dan mudah diperoleh. Sehingga para peternak tidak akan bergantung pada pakan yang dibeli di pasaran. Terlebih biaya pakan yang disediakan sangat membebani untuk kelangsungan usaha ternak kedepan.

Program Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Ruminansia Sistem Fermentasi

Demi untuk meningkatkan potensi ternak, pemerintah Desa Poko mengadakan program pelatihan pembuatan pakan ternak sistem fermentasi, yang diikuti oleh 7 kelompok yang ada di Desa Poko. Dan setiap kelompok diwajibkan mengirim 3 anggotanya sebagai perwakilan untuk mensosialisasikan isi dari pelatihan pembuatan pakan ternak tersebut.

Alhasil sebanyak 21 masyarakat dari sektor kepengurusan kelompok ternak telah mendapatkan ilmu langsung mengenai pembuatan pakan sistem fermentasi. Terlebih untuk kesuksesan program ini, pemerintah Desa Poko juga telah menggandeng pihak perwakilan dari Dinas Peternakan untuk mensosialisasikan secara langsung.

Pihaknya mengatakan bahwa “apabila peternak bisa membuat pakan fermentasi secara mandiri, maka penghematan biaya usaha ternak akan berdampak baik pada pendapatan”. Pihaknya juga mempraktekkan secara langsung mengenai proses pembuatan pakan ternak kepada masyarakat Desa Poko. Adapun beberapa bahan pembuatan pakan yang diberikan antara lain:

  1. Rumput -/+ 90 kg
  2. Katul 30 kg
  3. Titen 10 kg
  4. Daun Ketela 30 kg
  5. Probiotik 1 kg buat 3,5 kw
  6. Mineral
  7. Ampas jagung 18 kg
  8. Tetes 1 Gelas

Bahan-bahan tersebut kemudian akan diolah menggunakan sistem fermentasi. Dengan pembuatan pakan ternak sistem fermentasi ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas ternak secara baik. Terlebih bahan dasar pembuatan pakan ternak ini cukup terjangkau, dan mudah didapat di sekitar kita. “Ujarnya”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *