16 Juli 2024

POKO – Kamis (07/12) bertempat di Aula Putra Kencana Nursery yang beralamat di jalan Rumpuk Kertosari Ponorogo dilaksanakan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam upaya mendukung ketahanan pangan bagi Kelompok Wanita Tani di Desa Poko. Pelatihan ini dilaksanakan menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa tahun 2023. Peserta sejumlah 30 orang yang merupakan Ibu-ibu pengurus PKK dan anggota Kelompok Wanita Tani.

Hadir pada kesempatan tersebut Camat Jambon Imam Rohni, S.Sos., M.Si, Pendamping Desa Khoirul Ikhwanudin, M.Pd, M. Mas’ud, S.Pd.I dan Pendamping Lokal Desa Amroni, S.Pd.I.

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi melalui pemaparan materi secara dialog dan menggunakan slide oleh narasumber Sutrisno, S.Sos. Beliau menjelaskan pemanfaatan lahan pekarangan untuk kegiatan Ibu-ibu kelompok tani untuk mengisi waktu luang setelah tugas utamanya rampung dengan empat kegiatan ini :

  1. Perkebunan
  2. Peternakan
  3. Perikanan
  4. Pengolahan Hasil

Kenapa kok ke 4 kegiatan tersebut di atas, karena kegiatan terseeut bisa dilaksanakan di lingkungan sendiri serta menghasilkan dan berfungsi sebagai :

  1. Berfungsi sebagai Bank. Penjelasannya dengan menanam tanaman produktif semakin lama akan memetik hasil terus menerus seperti kita menabung di Bank atau ikut punya saham di Perusahaan.
  2. Sumber Produksi Pupuk. Penjelasannya dengan memelihara ternak, kambing, itik, ayam atau perikanan bisa menghasilkan pupuk yang berguna bagi tanaman kita di sekitar sehingga biaya operasional bisa diminimalisir.
  3. Menghasilkan Protein. Penjelasannya dengan berkebun dan beternak maka kebutuhan protein keluarga bisa kita cukupi sendiri dari lingkungan kita syukur kalau bisa menjual untuk kebutuhan orang lain.
  4. Modalnya tidak besar, Penjelasannya usaha-usaha di rumahan perlu kita dorong karena modal tidak perlu besar sebagai pembelajaran nanti kalau usaha sudah besar serta dapat ilmunya tinggal memikirkan hubungan dengan perbankan.
  5. Mudah aplikasinya tidak perlu belajar lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *